Deretan Fobia Unik di Dunia Medis, Ada yang Takut Melihat Dokter dan Takut Minum Obat - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Deretan Fobia Unik di Dunia Medis, Ada yang Takut Melihat Dokter dan Takut Minum Obat

fobia-unik-dunia-medis
Siapa orangnya yang ingin sakit. Siapa pula yang ingin keluar uang untuk biaya rumah sakit. Tentu saja tidak ada orang yang menginginkan sakit meski dibayar berapapun. Sebab sakit adalah karunia nikmat yang sangat berharga.

Dunia medis acapkali memberikan sebuah kekhawtiran tersendiri. Rasa takut yang hinggap mulai dari keluhan rasa sakit, hingga mahalnya biaya berobat.

Namun ada yang unik. Ternyata ada orang yang merasa ketakutan dengan hal-hal yang sepele di rumah sakit. Mulai dari takaut ketemu dokter hingga takut berbicara soal penyakit yang diderita.

Fobia Unik yang Terjadi di Dunia Medis

Berikut ini adalah macam fobia unik yang terjadi di dunia medis. Thehealthsite.com merangkumnya dalam 9 fobia unik.

Latrofobia

Latrofobia merupakan jenis fobia bagi pasien yang tidak ingin menceritakan semua gejala yang dialaminya saat ia sakit di depan dokter. 

Nosofobia

Nasofobia lebih kepada ketakutan atau histeria berlebihan yang dialami seseorang karena membaca atau mendengar berita tentang penyakit tertentu.

Mysofobia

Sedangkan mysofobia dialami oleh orang yang rajin sekali membersihkan segala macam benda karena khawatir adanya bakteri dan kuman. Sehingga orang yang menderita fobia semacam ini akan selalu memberihkan tangan, mengelap gagang pintu, membersihkan gelas dan semacamnya karena takut terkena bakteri dan kuman.

Heamatophia

Heamatophia merupakan phobia yang berkaitan erat dengan kematian atau segala hal yang menyebabkan kematian. Seperti takut akan darah, korban kecelakaan dan melihat jenazah orang meninggal. 

Cephalgiafobia

Trauma akan penyakit tertentu membuat orang tak ingin mengalaminya lagi. Cephalgiafobia adalah fobia akan rasa sakit di kepala, karena sebelumnya sering mengalami sakit kepala atau migrain yang membuatnya menderita.

Tomofobia

Tomofobia dialami oleh orang yang enggan menjalankan tahapan prosedur operasi yang seharusnya dilakukan. Orang yang memiliki fobia semacam ini tidak mau dioperasi, baik ringan maupun berat meski sebenarnya ia membutuhkannya.

Trypanofobia

Jarum suntik memiliki kesan tusukan di pantat saat sedang berobat. Ada yang merasa biasa saja, namun ada pula yang merasa takut berlebihan. Hingga ia takut dengan hanya melihat saja. Fobia semacam ini dinamakan Trypanofobia. Fobia yang berlebihan membuatnya bisa mengalami pingsan saat melihat jarum suntik.

Pharmacofobia

Mirip namanya, pharmacofobia adalah ketakutan berlebihan dengan obat. Orang yang mengalami fobia semacam ini akan merasakan takut dan panik saat harus minum obat.

Thanatofobia

Tidak semua orang mau mendengarkan berita soal kematian. Sebab ada rasa yang tidak nyaman ketika membicarakannya. Namun tidak wajar jika obrolan soal kematian harus dihindarkan. Nah orang yang mengalami ketidaknyamanan yang berlebih pada berita soal kematian dinamakan Thanatofobia.

Itulah ragam unik fobia yang berkaitan dengan dunia medis. Apakah anda mengalaminya.

4 comments:

Post Top Ad