Fakta Unik yang Mengiringi Sejarah Ponsel Jadul Hingga Jadi Fakta - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Fakta Unik yang Mengiringi Sejarah Ponsel Jadul Hingga Jadi Fakta

fakta-unik-ponsel-jadul-hingga-smartphone
Hari gini tak punya HP, apa kata dunia. Anekdot itu seakan menggambarkan akan pentingnya sebuah posel cerdas atau smartphone dalam mendukung aktivitas kehidupan manusia. 

Seiring perkambangan zaman, fungsi ponsel mulai bergeser. Jika dulu untuk komunikasi melalui audio dan teks, namun kini sudah lebih canggih. Bisa berkomunikasi sambil menatap wajah lawan bicara. Selain itu, masih banyak lagi kegunaan ponsel cerdas ini.

Fakta Unik Sejarah Ponsel Jadul Hingga Jadi Smartphone

Nah, satu pertanyaan. Seberapa kenal anda dengan perkembangan ponsel dari awal hingga yang ada saat sekarang ini. Jika belum, mari kita simak temuannya berikut ini.

Ponsel Pertama

Siapa pemilik ponsel pertama. Jawabannya adalah Motorola Dyna TAC 8000X. Ponsel ini diciptakan oleh Martin Copper, insinyur senior di Motorola, pada tahun 1983.

Fitur Ponsel Pertama

Ponsel pertama hanya bisa menyimpan 30 kontak. Beratnya 1,1 kilogram. Dan daya  baterai selama 30 menit waktu telpon.

Harga Ponsel Pertama

Penasaran dengan harga ponsel pertama milik Motorola Dyna TAC 8000X. Harganya sebesar USD 3.999. Atau lebih dari 50 juta rupiah saat itu.

Panggilan Telpon Pertama

Tanggal 3 April 1973 adalah sejarah dunia akan hadirnya percakapan jarak jauh melalui ponsel. Adalah Martin Copper, sang insinyur Motorola, yang melakukan kontak dengan Dr. Joel S. Engel dari Bell Labs.

Smartphone Pertama

Ponsel pertama boleh saja milik Motorola, akan tetapi untuk teknologi smartphone diciptakan pertama kali oleh IBM. Smartphone pertama resmi dirilis pada 16 Agustus 1994.

Fitur Smartphone Pertama

Smartphone IBM diberi nama "Simon Personal Communicator" yang telah memiliki fitur layar sentuh, stylus untuk pengoperasian, kalender, kalkulator, notepad dan buku alamat.

Smartphone Anti Air

IBM boleh saja pertama kali sebagai pencipta smartphone, akan tetapi untuk urusan smartphone kuat anti air, maka Jepang adalah jawaranya. Diketahui hampir 90% smartphone asal Jepang adalah anti air.

Rekor Penjualan

Bagaimana dengan pemasaran. Untuk urusan penjualan, Apple adalah yang teratas. Tahun 2012 menjadi saksi rekor mengerikan yang pernah dicetak Apple. Dimana iPhone 5 hanya dalam 14 minggu pertama terjual sebanyak 37 juta unit. Itu berarti dalam tiap detik, iPhone terjual sebanyak 4 unit. Luar biasa.

Smartphone Termahal Sejagat

Lagi-lagi Apple memuncaki rekor fantantis penjualan smartphone. Satu unit iPhone 5 yang dilengkapi dengan berlian hitam 26 karat dihargai USD 15,3 juta atau setara dengan 200 Milyar rupiah. Wow.

Android vs iOS

Soal fitur dan kecanggihan, kedua operasional sistem ini tak ada duanya. Akan tetapi bila bicara soal penjualan, Android masih memimpin jauh dari iOS. Menurut penelitian pasar, penjualan Android hingga 80% sedangkan iOS hanya 20%.

Akan tetapi bukan merupakan pencapaian yang buruk bagi iOS, karena OS ini hanya diproduksi oleh Apple saja.

Itulah fakta unik dan menarik dari ponsel hingga smartphone sekarang ini.

3 comments:

Post Top Ad