Fakta Unik Ini Terjadi Dikala Tidur Pulas - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Fakta Unik Ini Terjadi Dikala Tidur Pulas

fakta-unik-saat-tidur-pulas
Tidur merupakan cara natural bagi tubuh untuk memberikan jeda waktu istirahat bagi organ tubuh setelah beraktivitas. Seseorang akan mengalami penurunan kesehatan jika tidur tidak bisa dijaga, baik kekurangan tidur maupun kelebihan waktu tidur.

Ada yang mengalami kesusahan tidur meski badan ingin sekali direbahkan. Ada pula yang mudah sekali tidur meski badan tidak butuh istirahat.

Bagi anda yang mudah tidur pulas di waktu-waktu tidur, baik malam maupun waktu singkat di siang hari, itu adalah anugerah yang harus disyukuri. Sebab tidak semua orang mampu melakukannya.

Fakta Unik Saat Tidur Pulas

Nah, ternyata tidur memiliki cerita unik di dalamnya. Saat seseorang tidur pulas, ada aktivitas unik yang mengiringinya. Apa saja kejadian unik saat orang tidur pulas, berikut uraiannya.

Mata Bergerak

Muncul kejadian unik saat seseorang tidur, yakni gerakan mata meski mata terpejam. Ada 5 tahapan yang terjadi pada gerakan mata saat tidur. Pada tahap kelima, gerakan mata akan menjadi lebih cepat. 

Lumpuh

Lumpuh adalah istilah yang tepat dipakai untuk istilah tidak bisa bergerak meski angan-angan telah melakukannya. Saat bermimpi, seseorang seperti sudah bergerak dan berlarian ke sana kemari meski sebenarnya ia masih di atas ranjang. Kejadian unik ini bermanfaat untuk mencegah gerakan mendadak saat tidur.

Kinerja Ginal Menurun

Biasanya, pada malam hari saat seseorang sedang tidur, tidak merasa ingin segera buang air kecil dalam tempo semalam suntuk. Lain halnya saat siang hari atau diwaktu tidak sedang tidur, pasti tempo buang air kecil lebih cepat. Hal ini dikarenakan fungsi kinerja ginjal menurun pada saat seseorang tidur.

Hormon Pertumbuhan

Tidur merupakan waktu yang tepat bagi hormon pertumbuhan dalam mendukung pertumbuhan tulang, otot dan perbaikan sel. Sehingga jangan sampai kurang tidur agar pertumbuhan tubuh berjalan normal. Apalagi yang masih anak-anak dan usia remaja.

Terangsang

Cukup aneh memang. Jadi saat seseorang tidur, tubuh bisa bereaksi dengan rangsangan dari luar. Hal ini ternyata saat bermanfaat untuk mencegah tubuh dari kondisi koma. Sehingga saat merasakan rangsangan, tubuh akan bereaksi dengan bangun akibat otak yang tetap terhubung dengan dunia nyata meskipun sedang tidur.

Nah itulah tadi fakta unik yang menakjubkan yang terjadi saat seserang sedang tidur.

1 comment:

Post Top Ad