Perang Paling Unik di Dunia, Ada yang Karena Hal Sepele dan Hanya 38 Menit - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Perang Paling Unik di Dunia, Ada yang Karena Hal Sepele dan Hanya 38 Menit

perang-unik-dunia
Jika mendengar kata perang, yang terbersit di dalam benak adalah emosional kekerasan yang serius. Faktor penyebabnya pasti hal-hal yang serius dan melibatkan kekuasaan dan orang banyak. Seperti soal kekuasaan, ekonomi negara, harga diri bangsa dan masalah berat lainnya.

Namun ternyata tidak demikian. Ada peperangan unik yang disebabkan oleh hal-hal sepele. Ada pula jangka waktu peperagan dalam masa yang sangat singkat yakni dalam hitungan menit saja. Padahal jamak yang terjadi, bahwa peperangan terjadi bertahun-tahun lamanya.

Pun demikian dengan jumlah korban yang berjatuhan. Umumnya jumlah korban dalam sebuah peperangan sangat banyak, karena melibatkan orang banyak. Namun ternyata ada yang berperang tetapi jumlah korbannya hanya bisa dihitung dengan jari, alias hanya sedikit saja.

Perang Unik di Dunia

Nah, berikut ini daftar peperangan yang pernah terjadi namun unik jika dilihat faktor penyebab, jumlah korban hingga masa waktu berperang. Selamat menyimak.

Perang Anglo-Zanzibar

Perang Anglo-Zanzibar dijuluki sebagai perang terpendek dalam sejarah. Perang ini hanya memakan waktu tidak lebih dari 38 menit. Perang yang terjadi antara Kesultanan Zanzibar dengan Kekaisaran Inggris ini dimulai pada pukul 09:02 dan berakhir pukul 9:40 AM EAT (Waktu Afrika Timur).

Diketahui bahwa perang ini terjadi pada 27 Agustus 1896 dan dimenangkan oleh Inggris yang hanya menelan korban terluka 1 orang. Sementara pihak Kesultanan Zanzibar korban tewas dan terluka 500 orang. Dalam perang tersingkat ini, Kerajaan Inggris keluar sebagai pemenang setelah perang api dengan Kesultanan Zanzibar selama 38 menit. Hanya 1 tentara Inggris yang terluka selama perang tersebut.

Perang Babi

Perang Babi atau Pig War ini meletus pada 15 Juni 1859. Terjadi di Pulau San Juan, Vancouver. Area ini ditempati oleh petani Amerika dan buruh Inggris. Kedua negara terlibat perang karena hal sepele, yakni karena kawanan babi milik buruh Inggris yang ditembak mati oleh para petani Amerika. Disebabkan babi milik buruh Inggris merusak tanaman petani Amerika. Perang ini berakhir pada bulan Oktober di tahun yang sama.

Perang Belanda vs Kepulauan Scilly

Perang yang terjadi oleh kedua negara ini menjadi perang yang unik, selain waktunya lama yakni 335 tahun dan juga unik karena tidak ada korban satu orang pun. Perang ini berawal saat Belanda ingin menutup sebagian kerugian mereka dari serangan Royalis. Perang ini dimulai pada 30 Maret dan berakhir pada tahun 1986, setelah ditandatangani perdamaian antara keduanya. 

Perang Yunani vs Bulgaria

Perang ini terhadi akibat sebab yang sepele, yakni dikarenakan oleh seekor anjing. Sehingga dikenal dengan perang The Stray Dog War. Terjadi di tahun 1910 akibat ditembaknya warga Yunani yang melintasi Bulgaria ketika sedang mengejar anjing miliknya.

Tak terima warganya ditembak, Yunani langsung mengirim pasukan untuk menduduki sebuah desa di Bulgaria. Akhirnya ditengahi oleh PBB dan perang pun berakhir dengan menelan korban 50 orang.

Perang Paraguay

Perang ini sangat unik, karena tidak ada penyebabnya dan menelan korban hampir 90% populasi pria di Paraguay akibat sakit, kelaparan, dan akibat perang. Perang ini terjadi melibatkan 4 negara, yakni Paraguay, Argentina, Uruguay dan Brazil.

Selama 6 tahun sejak tahun 1864 hingga 1870, dikabarkan tidak ada alasan yang jelas hingga perang terjadi. Meskipun ada kabar bahwa presiden Paraguay kala itu menjadi penghasut yang akhirnya tersulutlah perang. 

Perang Lijar vs Perancis

Perang ini juga unik karena tidak ada satu pun butir peluru yang ditembakkan. Melibatkan 300 warga desa Lijar, daerah Spanyol, marah akibat rajanya dihina di Perancis. Perang ini tercatat berakhir pada tahun yang sama yakni tahun 1983 oleh perayaan perdamaian pihak Perancis.

Itulah deretan perang unik yang pernah terjadi sepanjang sejarah manusia. Unik bukan.

1 comment:

  1. perang Badar juga unik, 300 orang bisa menang lawan 1000 musuh

    ReplyDelete

Post Top Ad