Meskipun Wilayahnya Kecil, Negara Terkecil di Dunia Ini Terkenal Makmur - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Meskipun Wilayahnya Kecil, Negara Terkecil di Dunia Ini Terkenal Makmur

negara-kecil-makmur
Tidak harus membutuhkan wilayah yang luas untuk menjadi sebuah negara. Minimal memiliki 4 syarat bahwa sebuah wilayah bisa diakui sebagai negara. Yakni ada wilayah, ada rakyat, ada pemerintah yang berdaulat dan pengakuan negara lain.

Di berbagai belahan bumi bertebaran negara dengan kedaulatan teritorial yang luas dengan segala aspek aturan di dalamnya. Ada yang memiliki wilayah nan luas, namun sisi perekonomiannya kurang baik. Dan sebaliknya terdapat negara yang tidak memiliki wilayah yang luas, namun penduduknya memiliki tingkat kesejahteraan yang baik.

Negara Kecil Tetapi Terkenal Makmur

Nah, berikut adalah fakta yang terjadi pada sebuah negara dengan luas teritorial terbatas alias sempit namun tergolong memiliki ekonomi yang makmur. Apa saja negara tersebut, mari kita simak.

Nauru

Nauru merupakan negara yang berbatasan dengan Australia. Luasnya sekitar 21 kilometer persegi. Negara ini memiliki keindahan pantai dan ombaknya yang bergelombang cantik. Sehingga menjadi surga bagi peselancar dari penjuru dunia.

Sisi uniknya dari negara ini adalah hampir seluruh warganya menderita penyakit diabetes. Hal ini terkait dengan prosentase tingkat kegemukan atau obesitas yang tinggi pada negara tersebut.

Tuvalu

Negara ini hanya memiliki luas wilayah 26 kilo meter persegi. Warganya hanya 10 ribu orang. Dan hanya memiliki 1 rumah sakit yang terletak di pulau utama.

Negara yang berbatasan dengan benua Australia ini termasuk negara peremakmuran Inggris dan merdeka pada tahun 1978. Karena letaknya yang sulit dijangkau, tidak begitu banyak turis atau pelancong singgah di negara ini.

Akan tetapi yang cukup mengejutkan adalah, dari sekian banyak turis yang datang, 65% nya bertujuan untuk melakukan bisnis di negara kecil ini. 

Liberland

Negara kecil selanjutnya adalah Liberland. Negara yang hanya memiliki luas 7 kilo meter ini terletak di antara Kroasia dan Serbia. 

Negara ini memiliki keunikan tersendiri, yakni secara resmi merdeka dua kali yakni pada tanggal 13 April 2015 dan 2 Mei 2015. Selain itu negara ini mendukung kekebasan personal dan ekonomi pada warganya, sehingga tidak bisa dicampuri oleh masalah kekuasaan politisi. 

Negara yang memiliki semboyan negara ini adalah Untuk Hidup dan tetap Hidup ini membuka seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin menjadi warga negara dengan syarat tidak pernah terkait dengan politik masa lalu seperti komunis, Nazi dan tidak memiliki catatan kriminal. 

Monaco

Monaco adalah negara terkecil di dunia dengan luas hanya 2 kilo meter persegi. Dihuni sebanyak 36 ribu orang saja. Namun demikian, negara ini ditempati oleh para milyader dunia dan menyumbangkan pendapatan terbesar seluruh dunia. Bangunan mewah, benda-benda berharga dan mahal memenuhi negara kecil ini.

Negara yang berbatasan dengan Prancis ini juga disebut sebagai surganya permainan judi. Terkenal dengan sirkuit Monaco lintasan balap Formula 1.

Vatikan

Vatikan merupakan negara religius dengan luas hanya kurang dari 1 kilo meter persegi saja. Negara yang terkenal dengan gereja Katolik Santo Peter Basilica ini menjadi pusat destinasi turis dari seluruh penjuru dunia. Penghasilan utama negara ini adalah dari penjualan kartu pos, museum dan buah tangan turis.

Demikian informasi unik tentang negara kecil yang makmur. Bagaimana dengan Indonesia.

1 comment:

Post Top Ad