Kisah dan Cerita Unik Dibalik Sebuah Buku - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Kisah dan Cerita Unik Dibalik Sebuah Buku

fakta-unik-buku
Buku adalah teman terbaik. Selalu memberi tanpa kecuali. Tidak pernah mengeluh meski ditelantarkan.

Buku adalah gudang ilmu. Jendela untuk menyingkap ilmu dan informasi tentang dunia. Aneka manfaat bisa didapatkan jika rajin membaca buku.

Kisah dan Fakta Unik Buku

Agar membangkitkan minat baca, berikut beberapa cerita unik pernah terjadi yang berkaitan dengan buku.

Sejuta Manfaat Buku

Selain memperkaya informasi diri, ternyata membaca buku bermanfaat baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian menyebutkan, seseorang yang rajin membaca buku akan mudah terhindar dari stress, mencegah pikun, mudah tidur, awet muda dan memperkuat memori dan kekuatan otak.

Menanam Buku

Ada hal menarik yang terjadi di negara Argentina. Sebuah perusahaan menerbitkan buku yang bisa ditanam. Buku ini terbuat dari kertas bebas asam, tintanya ramah lingkungan dan dilengkapi dengan biji yang bisa tumbuh untuk beberapatahun ke depan. Proyek ini kemudian populer dengan Tree Book Tree. Tujuannya mengajarkan kepada anak-anak tentang asal-muasal buku sekaligus mengajak mereka berbuat lebih untuk lingkungan yang telah memberikan kehidupan bagi umat manusia.

Ebook vs Buku Cetak

Meski lebih praktis dan lebih murah, ternyata di sisi lain ebook tidak mampu menandingi buku cetak. Menurut sebuah penelitian, pemahaman membaca melalui buku cetak lebih tinggi dibanding ebook. Karena proses mengingat informasi ebook lebih sulit dan tidak mudah fokus. Selain itu, membaca membaca melalui ebook membuat mata cepat lelah dibandingkan dengan membaca buku cetak.

Buku Tiket Kereta

Di Brasil, pemerintah setempat mencetak buku sekaligus bisa digunakan untuk tiket kerata api. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan minat baca warga meskipun di dalam perjalanan. Buku itu dilengkapi dengan sensor tiket di stasiun untuk reservasi menumpang kereta. 

Sampul Kulit Manusia

Abad 16 silam, pernah terjadi pembuatan buku dengan menggunakan sampul kulit manusia. Meski terdengar mengerikan, namun praktik ini memang pernah terjadi. Sebuah museum di Havard University bahkan menyimpan salah satu koleksi buku bersampul kulit manusia tersebut.

Sesuai penelitian yang ada, praktik pembuatan buku bersampul kulit manusia ini dilakukan kepada narapidana kriminal pembunuhan setelah mereka dieksekusi mati. Kulitnya diambil sebagai sampul buku laporan catatan kriminalnya.

Best Seller

Menurut hasil analisa Amazon, penjualan buku mewarnai pernah berjaya di tahun 2015. Buku seperti Secret Garden : An Inky Treasure Hunt and Coloring Book karya Johanna Basford menjadi yang terlaris.

Hobi mewarnai ini diklaim mampu meredakan stres dan sudah digunakan sebagai sarana terapi oleh para psikiater sejak berabad-abad lalu.

Buku Kuno Terbesar

Myanmar adalah sebuah negara yang menyimpan buku kuno paling besar di dunia. Buku ini berisi poin-poin Budha tersebar di area kompleks pagoda. Berjumlah 1.460 halaman yang disatukan menjadi 729 lempeng. Masing-masing memiliki lebar 107 cm dan panjang 153 cm. Masing-masing lempeng dinaungi cungkup-cungkup putih yang memenuhi halaman.

Novel Psikologi Pertama Indonesia

Novel berjudul Belenggu karya Armijn Pane menjadi novel psikologi pertama di Indonesia. Demikian menurut Leksikon Susastra Indonesia. Buku ini bercerita soal konflik cinta segitiga antara tokoh-tokoh yang terjebak di antara gesekan pemikiran modern dan nilai-nilai tradisional. Meski pernah dianggap kontroversial oleh beberapa pihak saat itu, namun novel ini tetaplah menampilkan sisi konflik manusiawi. 

Keledai dan Onta

Sebuah perpustakaan di Kolombia memiliki cara unik untuk membangkitkan minat baca warga sekitar. Yakni dengan cara mengantarkan buku kepada masyarakat dengan menggunakan keledai. Sedangkan di Kenya, cara uniknya dengan menggunakan onta sebagai sarana untuk mengantar buku.

Bagaimana, unik bukan. Itulah cerita unik seputar buku yang pernah terjadi di penjuru dunia. Ada banyak cerita lainnya yang pasti lebih menarik dan unik.

1 comment:

  1. Dimana novel Belenggu itu dijual? Atau arsip perpustakaan mana?

    ReplyDelete

Post Top Ad