Aneh, Negara-negara Ini Dipimpin oleh Dua Orang Sekaligus - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Aneh, Negara-negara Ini Dipimpin oleh Dua Orang Sekaligus

negara-2-pemimpin
Umumnya, sebuah negara dipimpin oleh satu orang saja. Sehingga tidak ada tumpang tindih kekuasaan dan wewenang dalam urusan pemerintahan. Meskipun ada negara yang dipimpin presiden dan perdana menteri, namun keduanya dipilih dengan cara berbeda. Presiden dipilih oleh rakyat, sedangkan perdana menteri dipilih presiden atau parlemen.

Hal yang justru terasa janggal manakala ada negara dipimpin oleh dua orang pimpinan sekaligus. Tulisan ini tidak sedang mengklarifikasi tugas dan kewenangannya, akan tetapi lebih kepada sisi keunikan negara tersebut. Sebab tidak mudah untuk menyatukan dua visi yang berbeda. Apalagi diiringi idealisme dan ego masing-masing.

Daftar Negara yang Dipimpin Dua Orang

Namun daftar berikut tidaklah demikian. Ternyata ada negara yang berhasil dipimpin oleh dua orang sekaligus. Berikut daftarnya.

Andorra

Selama berabad-abad silam, Andorra yang menganut sistem prancipality atau kepangeranan ini dipimpin oleh dua orang pimpinan. Pimpinan pertama diisi oleh Presiden Perancis dan pimpinan kedua diisi oleh Uskup Urgell dari Catalonia Spanyol. Uniknya, pemilihan kedua pimpinan tersebut tidak melibatkan warga Andorra, melainkan warga Perancis. Sehingga siapapun yang menjadi presiden Perancis, secara otomatis menjadi pimpinan Andorra. 

San Marino

Hampir mirip dengan Andorra. Negara terkecil di dunia nomor lima ini juga dipimpin oleh dua orang pimpinan sekaligus. Pimpinan ini dinamakan Capitani Reggenti atau wali kapten. San Marino sendiri merupakan negara berbentuk republik yang dikelilingi negara pizza Italia.

Bedanya, San Marino melakukan pemilihan kedua Capitani Reggenti setiap enam bulan sekali yakni pada bulan April dan Oktober melalui parlemen. Kedua Capitani Reggenti ini bekerja sama sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan sekaligus. 

Swaziland

Swaziland adalah negara yang terletak di benua Afrika bagian selatan berbatasan dengan Mozambik dan Afrika Selatan. Sejak 20 April 2018, negara ini berganti nama menjadi Kerajaan eSwatini.

Negara ini menganut sistem pemerintahan dwi kekuasaan. Yakni dipimpin oleh raja dan permaisuri. Selain itu, ibu kota negara juga terbagi dua, yaitu Mbabane dan Lobamba

Gambia

Sebenarnya, negara ini dipimpin oleh satu presiden bedaulat. Kemudian saat terjadi pemilihan presiden, pasukan negara Afrika Barat dan Senegal membantu salah satu kandidat yakni Adama Barrow untuk menjegal presiden petahana saat ini yakni Yahya Jammeh.

Akhirnya, setelah pemilihan, hasilnya dimenangkan Adama Barrow. Dan melakukan pelantikan presiden yang dihadiri oleh pejabat Afrika Barat dan Senegal. Sedangkan Yahya Jammeh tidak menerima hasil pilihan tersebut dan sampai sekarang (April 2018) belum ada tanda-tanda secara resmi bahwa Yahya Jammeh menyerahkan kekuasaannya pada Adama Barrow.

Meskipun hingga kini terus terjadi demo dan konflik pengembalian kekuasaan, tetap saja kedua kubu saling bersikukuh atas kekuasaannya masing-masing. Sehingga dengan kasus inilah Gambia menjadi salah satu negara yang dipimpin oleh dua orang presiden. 

Itulah tadi daftar negara unik yang masih dipimpin oleh dua orang sekaligus. Bagaimana dengan Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad