Fakta dan Cerita Unik Si Mawar yang Cantik - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Fakta dan Cerita Unik Si Mawar yang Cantik

fakta-unik-bunga-mawar
Bunga mawar dianggap sebagai simbol keanggunan. Lekukan batang hingga mahkotanya sungguh indah dan sedap dipandang mata.

Mawar juga lambang kemewahan dan seni. Beragam karya sastra dan seni mengambil mawar sebagai simbolik keanggunannya.

Fakta Unik Bunga Mawar

Diklaim sebagai bunga paling mempesona di dunia, mawar memiliki segudang cerita unik dan menarik. Dan berikut beberapa cerita menarik nan unik bunga mawar ini.

Forever Rose

Sesuai namanya, forever rose adalah nama paket bunga mawar yang tidak pernah layu, tetap segar disimpan selamany. Berkat teknik pengawetan khusus, mawar ini bisa awet jika disimpan di dalam kubah kaca. Harganya bisa mencapai USD 4000 per paket.

Gaun 9.999

Tahun 2012, seorang pria Cina mempersembahkan gaun pengantinnya kepada kekasihnya pada malam pernikahan yang dibuat dari 9999 buah bunga mawar. Harapannya agar pernikahannya abadi sesuai kepercayaan Cina pada angka 9.

Turkish Halfeti

Umumnya warna bunga mawar adalah merah, tidak pernah ada warna hitam. Akan tetapi terdapat mawar unik dari Turki yang bernama Turkish Halfie yang memiliki warna merah yang sangat pekat, nyaris berwarna hitam.

Mahkota Terbesar

Seorang botani dari California AS berhasil membudidayakan bunga mawar dengan diameter mahkota mencapai 83 cm.

Semak Terluas

Mawar Lady Banskia putih yang ditanam di Tombstone, Arizona memiliki luas semak paling besar di dunia, yakni menyebar di atas punjung seluas 2700 meter persegi.

Nama Tokoh dan Artis

Ada sejumlah varietas mawar yang diberi nama seperti para tokoh dan selebriti. Diantaranya adalah aktris Natasha Richardson, penyanyi Dolly Parton, Ingrid Bergman, Freddie Mercury, dan Liv Tyler. 

Vitamin C

Ternyata terdapat varietas mawar yang bisa menumbuhkan buah yang kaya akan vitamin C. Buah ini dinamai Rose Hip. Karena kandungan vitamin C yang tinggi, buah ini bisa dipakai untuk bahan obat sebagai penyembuh luka dan perawatan kulit. 

Lezat Disantap

Kelopak bunga mawar bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Bisa diolah dan dicampur untuk selai dan sirup. Bahkan bisa pula dinikmati dalam keadaan segar sebagai campuran salad.

Under The Rose

Under The Rose adalah sebuah pepatah yang berarti rahasia. Pepatah ini diungkapkan untuk menyatakan sesuatu yang dianggap rahasia dan harus disembunyikan.

Kebun Terbesar

Kebun bunga mawar terbesar hingga saat ini masih terdapat di Cavriglia Italia. Ada sekitar 7.500 mawar yang tumbuh di sana.

Mawar Tertua

Dinding Katedral Hildeshheim Jerman adalah saksi bisu bagi bunga mawar yang telah berusia lebih dari 1000 tahun. Bunga mawar yang tumbuh di sana berhasil didokumentasikan pada tahun 815. Bahkan saat Sekutu membombardir Jerman yang mengakibatkan bangunan Katedral hancur, namun mawar tersebut tetap tumbuh dengan baik.

Sari Mawar

Sari mawar biasanya dipakai untuk bahan wewangian. Untuk mendapatkan 1 gram minyak mawar, dibutuhkan 2000 bunga mawar. 

Mawar Termahal

Mawar varietas Juliet diklaim sebagai mawar termahal di dunia. Harganya mencapai USD 5 juta. Pembiakan mawar Juliet sendiri memakan waktu 15 tahun.

Fosil Tertua

Fosil mawar tertua yang pernah ditemukan berumur sekitar 35 juta tahun. Ini menunjukkan kalau mawar adalah salah satu fosil tanaman tertua yang pernah ditemukan.

Saudara Apel dan Ceri

Bunga apricot, apel, mawar, ceri, dan almond ternyata masih 'bersaudara' dengan mawar. Bunga plum dan persik juga masih berkeluarga dengan mawar.

Kolektor Terbesar

Maharani Josephine, istri sah dari Napoleon Bonaparte adalah penggemar berat bunga mawar. Ia mnegoleksi lebih dari 250 varietas tanaman mawar dari seluruh dunia. Koleksi ini menjadi terlengkap hingga seabad kematiannya.

Itulah cerita dan fakta unik tentang bunga mawar. Ternyata ada banyak keunikan dibalik keanggunannya.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad