Asal-usul Unik Penamaan Merek Perusahaan Terkenal - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Asal-usul Unik Penamaan Merek Perusahaan Terkenal

asal-usul-nama-unik-merek-terkenal
Merek perusahaan adalah brand bagi sebuah produk. Makin terkenal, produk makin mudah bersaing di pasaran. Umumnya, merek atau nama perusahaan terkait erat dengan filosofi hingga visi dan misi perusahaan tersebut. Sehingga tidak begitu saja membuat nama. Butuh pemikian yang kuat dan berat agar sesuai dengan tujuan beridirinya perusahaan tersebut.

Namun, tidak serta merta merek adalah hasil dari cara mainstream. Justru kehadirannya muncul begitu saja tanpa pemikian dan sebab sebelumnya. Ada pula memberikan nama merek karena kecintaan terhadap sesuatu. Atau menamakannya seseuai dengan nama founder perusahaan tersebut.

Asal-usul Unik Penamaan Merek Perusahaan Terkenal

Ada hal menarik yang terjadi pada sebagian merek dunia. Meski terkenal, ternyata merek tersebut dibuat dengan asal-usul yang tidak diperkirakan sebelumnya atau bahkan cenderung aneh dan unik. Lalu apa saja merek perusahaan yang memiliki asal-usul penamaan yang unik itu. Berikut ulasannya.

Volkswagen

Awalnya Volkswagen muncul sebagai janji dari pemerintahan Nazi untuk kelas menengah. Sebab kala itu hanya golongan atas saja yang mampu membeli mobil. Hitler sang pemimpin membuat konsep mobil murah agar mampu dibeli oleh semua orang.

Nama Volkswagen sendiri berarti Mobil untuk Rakyat dalam bahasa Jerman. Akhirnya model pertama mobil ini meluncur pada tahun 1938. Begitu selanjutnya, VW makin terkenal dan menjadi perusahaan besar sejak saat itu.

Nokia

Pada mulanya, Nokia bukanlah merek untuk ponsel seperti sekarang ini. Namun sebuah nama pabrik penggilingan kertas di Finlandia sejak tahun 1865. Pangsa pasar pabrik ini makin besar dan luas hingga produksi alat elektronik dan generator.

Keberhasilan tekonologi ponsel sekarang adalah hasil kreatifitas generasi perusahaan selanjutnya yang mulai memproduksi ponsel saat aturan komunikasi di Uni Eropa makin longgar. Akhirnya mulai tahun 1980-an, Nokia mulai memproduksi ponsel.

Cadillac

Produsen mobil mewah asal Amerika ini dibangun untuk segmen atas dengan produk mobil mewah. Penamanaan Cadillac diambil dari seorang petualang Perancis bernama Antoine Laumet de La Mothe Cadillac yang lahir di tahun 1658.

Asus

Asus diambil dari nama Pegasus seekor kuda terbang yang melambangkan kekuatan, kemurnia dan semangat menghadapi tantangan. Ada yang unik dari nama ini. Kenapa tidak memakai nama Pegasus saja, kenapa cuma Asus.

Ternyata, menilik strategi Asus yang membuatnya agar senantiasa berada di tingkat tinggi sesuai dengan alphabetika nama Asus itu sendiri, yakni huruf A.

Sharp

Sharp adalah perusahaan elektronik terbesar asal Jepang. Awalnya, nama Sharp tidak berhubungan langsung dengan produk elektronik. Melainkan adalah nama pensil mekanik yang selalu tajam tanpa harus diraut terlebih dahulu.

Sepuluh tahun kemudian, mulai memproduksi radio dan berhasil berkembang menjadi salah satu perusahaan produksi alat elektronik ternama di dunia.

Volvo

Mendengar kata Volvo, ingatan langsung tertuju pada merek mobil paling aman dari kecelakaan fatal. Banyak yang tidak menyangka, bahwa awalnya Volvo adalah perusahaan poros roda mobil. Sesuai dengan makna dari arti kata Volvo, yakni Aku Berputar. Dan kemudian berkembang hebat menjadi produsen mobil terpopuler. 

Bluetooth

Merek Bluetooth diambil dari penamaan seorang raja Viking yang terkenal jago diplomasi yang tidak menjatuhkan kekerasan saat bernegosiasi. Raja ini memasang blatand yang berarti gigi biru. Hal ini tentu jadi hal baik jika direpresentasikan dalam hal teknologi transfer data nirkabel seperti Bluetooth.
Sedangkan untuk logo, Bluetooth masih memakai nama raja Viking tersebut, Harald Blatand menjadi HB.
Itulah fakta unik asal-usul merek perusahaan terkenal di dunia.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad