Koleksi dari Kloset Hingga Sisa Makanan, Inilah Museum Paling Unik dan Nyleneh di Dunia - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Koleksi dari Kloset Hingga Sisa Makanan, Inilah Museum Paling Unik dan Nyleneh di Dunia

museum-unik-dunia
Museum adalah tempat untuk menyimpan benda-benda prubakala, barang antik dan barang berharga dan bernilai sejarah penting.

Namun ternyata kini, museum agak sedikit beralih fungsi. Ada beberapa yang menyimpan barang-barang aneh dan unik dan barang yang sejatinya biasa saja ke dalam museum. Anda pasti tak menyangka kalo makanan sia, kotoran para pembunuh, kloset dan inovasi gagal bisa dimasukkan dan disimpan dalam sebuah museum.

Museum Paling Unik di Dunia

Itulah yang terjadi. Berikut adalah cerita lengkap soal museum dengan simpanan benda yang aneh dan unik.

Museum Kotak Bekal

Sesuai namanya, Lunchbox Museum menyimpan benda-benda berupa kotak bekal. Aneka macam kotak bekal makanan ada dalam museum ini.

Umumnya, kotak bekal yang disimpan adalah yang terbuat dari logam dan bergambar karakter populer tahuan 1920 hingga 1970an, seperti Smurf, Superman, James Bond, Bionic Woman, Disney, Snoopy dan lainnya.

Dalam museum ini, terdapat lebih dari 3500 kotak bekal orginal. Kotak paling langka dihargai USD 25000. 

Museum Wajah Manusia

Museum Chinsekikan, adalah museum dengan koleksi beragam batu yang berdesain wajah mirip wajah manusia. Ada yang mirip ET, Boris Yeltsin, Elvis Presley hingga Yesus.

Museum yang terletak di Chichibu Jepang ini sudah berjalan hingga dua generasi. Dan hingga kini masih rajin mengoleksi batu berwajah mirip manusia.

Museum Sisa Makanan

Ada yang unik dari museum yang bernama Museum of Celebrity Leftovers ini. Pasalnya, benda yang disimpan di dalam museum bukanlah makanan berharga lagi penting. Akan tetapi Cuma sisa makanan.

Namun demikian, sisa makanan yang disimpan adalah sisa makanan milik para pesohor dunia, seperti irisan French toast yang tak habis disantap Justin Timberlake, potongan mentimun dari bekas makanan aktris Mia Wasikowska, dan remah puding roti yang sempat dicicipi oleh Pangeran Charles disimpan di dalam kaca tertutup dan dipamerkan dalam salah satu ruangan di Old Boatstore Cafe, Cornwall, Inggris. 

Museum Kelamin

Ada yang menarik dari museum yang bernama lengkap Icelandic Phallological Museum ini. Di dalamnya terdapat ratusan alat kelamin yang telah dibekukan dari berbagai makhluk hidup termasuk manusia. 

Museum yang terletak di Islandia ini mneyimpan setidaknya ada 280 spesimen kelamin yang jadi koleksi. Sejumlah 93 spesies merupakan kelamin hewan. Ada 55 kelamin raksasa yang diambil dari ikan paus, anjing laut dan 118 dari berbagai mamalia darat. Ada pula organ vital milik manusia asli yang disumbangkan oleh seorang lansia.

Museum Orok

Mendengar nama museum ini, pasti akan membuat bulu kuduk begidik. Betapa tidak, museum yang bernama Siriraj Medical Museum ini menyimpan mayat hasil pembunuhan dan bayi mati karena komplikasi dalam kandungan.

Museum yang terletak di Bangkok Thailand ini menjadi destinasi wisata bagi turis setelah berhasil menyimpan mayat tragedi pembunuhan berantai di era 1950-an yang terkenal sangat sadis dan kejam.  Yaitu pembunuhan dan memakan bayi.

Museum Kloset

Di New Dehli India, terdapat museum yang menyimpan aneka ragam koleksi kloset kuno hingga masa kini. Mulai dari kloset antik tahun 2500 SM hingga kloset asal Jepang dengan teknologi pembakaran kotoran langsung saat keluar.

Selain itu, Sublabh International Museum of Toilets ini menyimpan kloset yang pernah dipakai oleh Ratu Victoria dari Inggris, terbuat dari porselen bermutu tinggi dan dihiasi lukisan indah. Kloset yang konon dipakai oleh Raja Louis XIV dari Prancis saat proses pengadilannya juga tak kalah mewah, menyerupai tahta yang dilengkapi dengan tenda khusus sebagai penutup.

Museum Produk Gagal

Ide nyeleneh kolektor asal Swedia, Samuel West berhasil membuat dunia belajar. Belajar dari kegagalan perusahaan dunia yang kini sukses. Diantara koleksi museum yang bernama Museum of Failures ini adalah Coca Cola rasa kopi yang gagal total di pasaran, kamera digital pertama buatan Kodak, Nokia N-Gage, dan Twitter Peek, mesin khusus untuk nge-twit yang diluncurkan pada tahun 2008. Mesin ini terbukti tak berguna, karena twit dengan ponsel atau PC jauh lebih praktis.

Museum Putus Cinta

Museum unik selanjutnya adalah Museum of Broken Relationships. Museum ini menyimpan benda-benda kenangan dari pasangan yang telah putus cinta atau cerai. Ada foto, souvennir, surat dan sebagainya.

Museum yang digagas oleh suami istri yang telah bercerai dari Kroasia ini akhirnya diganjar Kenneth Hudson Award dari European Museum Forum (EMF) sebagai museum paling inovatif di Eropa.

Itulah deretan museum unik dan nyeleneh di dunia. Selanjutnya, siapa lagi yang akan membuat museum unik selanjutnya. Mungkin anda.

1 comment:

Post Top Ad