Hanya 60cm, Inilah Kisah Unik Gedung Tertipis Di Dunia - Fakta Unik

kumpulan berita dan fakta unik di dunia

Home Top Ad

Post Top Ad

Hanya 60cm, Inilah Kisah Unik Gedung Tertipis Di Dunia

bangunan-tertipis-dunia
Bisa dibayangkan, bagaimana jika bangunan gedung hanya setebal kurang dari 1 meter alias Cuma 60 cm saja. Tentu untuk melntas saja susah, apalagi untuk gerak aktivitas lainnya.

Namun demikianlah yang terjadi pada bangunan paling sempit dan tertipis di dunia yang ada di kota Beirut, Lebanon. Jika dilihat dari depan, gedung ini tampak biasanya saja, seperti halnya bangunan lainnya. Akan tetapi ketika dilihat dari samping, maka akan terlihat keunikannya. Iya, lebarnya hanya 60cm. Luar biasa sempit untuk ukuran sebuah bangunan. 

Al Ba’sa

Sesuai namanya, gedung ini dinamakan al Ba’sa atau bila diartikan adalah dendam. Hal ini diyakini karena sejarah pembangunan gedung tipis ini akibat rasa dendam.

Diceritakan, dahulu area petak lahan tempat bangunan tipis itu berdiri, adalah milik dua orang saudara. Namun berjalannya waktu, mereka berdua bertengkar hebat akibat warisan tanah petak yang tidak sesuai diharapkan. Satu mendapatkan petak lebih luas dari saudaranya.

Maka dibangunkan bangunan tipis itu dengan tujuan untuk menghalangi pandangan orang lain terhadap properti saudaranya. Agar di kemudian hari, tanah milik saudaranya harganya anjlok.

Apartemen

Kisah berlanjut, ketika kini bangunan sempit yang dibangun pada tahun 1954 itu kini berubah menjadi apartemen dengan harga yang sangat terjangkau. Gedung itu dibuat dua lantai. Bagian tersempit dengan lebar 60 cm dan bagian terluasnya 4 meter. Sedangkan tingginya mencapai 14 meter.

Hingga kini gedung tersebut dipakai untuk kantor bisnis oleh dua orang penyewa.

Unik sekali bukan.

1 comment:

Post Top Ad